Informasi untuk keluarga

Apa Yang Membuat Virus Ebola Bahaya

Apa Yang Membuat Virus Ebola Bahaya

Apa yang membuat ebola berbahaya ?

Apa Yang Membuat Virus Ebola Sangat bahaya Tentunya kita semua tau bahwa virus yang amat terkenal pada tahun 2014 bernama Ebola yang merupakan virus sangat berbahaya dan mengerikan. Sebelum mengenal bahaya ebola ada alangkah baiknya jika anda tahu bagaimana sebuah virus bisa mengalahkan sistem pertahanan tubuh kita yang begitu amat sangat kompleks.

Apa Yang Membuat Virus Ebola Sangat Bahaya

Mengapa Ebola itu berbahaya ? Waktu itu kita semua di Indonesia pernah gempar terhadap virus ini, dan apa yang membuat Ebola berbahaya?  Sebelum menjawab pertanyaan tersebut anda harus mengetahui tentang virus itu sendiri. Ebola merupakan sebuah virus, Virus merupakan mahkluk yang sangat kecil yang hanya terkomposisi atas sedikit RNA/DNA dan beberapa protein yang berada di dalam badannya. Virus itu tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan apapun oleh dirinya sendiri dan hanya dapat bertahan hidup dan mereplikasi atau memperbanyak diri dengan menginfeksi (menyerang) sel. Untuk mencegah hal ini untuk terjadi, tubuh kita mempunyai sistem imun/sistem daya tahan tubuh, sistem imun itu sendiri tersusun sangat kompleks, dan mengapa orang bisa terinfeksi oleh virus ebola Walaupun kita sudah mempunyai sistem daya tahan tubuh komplex?

Mengapa Ebola Berbahaya ?

Alasan ebola berbahaya

Mengapa Ebola Bahaya ? Perlu diketahui tubuh kita mempunyai sel dendritik, biasanya sel dendritik akan mengaktifkan dan mengumpulkan tentara yang terdiri dengan sel-sel pembunuh virus , sel pendukung , dan sel pabrik yang membuat antibodi yang berkerja sama dengan sel-sel penjaga lainya untuk memberantas infeksinya dalam hitungan hari. Tapi jika Ebola yang menyerang, dia langsung menyerang sistem imun itu sendiri. Pertama ebola akan menyerang beberapa sel dan sel tersebut akan diambil alih oleh ebola, sel yang diserang ebola adalah sel dendritik yaitu sel yang merupakan otak dari sitem imun karena sel itu lah yang mengatur hal-hal yang terjadi di sistem imun.

Cara Ebola Merusak Sistem Imun

Cara tubuh melawan ebola


Cara ebola merusak sistem daya tahan tubuh adalah mengambil alih sel dendritik dengan cara mengikat ke reseptornya ke reseptor sel untuk menginfeksi sel tersebut, sekali masuk virus ebola akan melarutkan badan luar nya dan melepaskan meteri genetik, nukleoprotein, dan enzim. Intinya virus tersebut mengambil alih sel, melumpuhkan mekanisme perlindungan sel dan mengatur ulang sel yang diserang. Lalu sel itupun menjadi tempat produksi virus tersebut dan menggunakan sumberdaya dan badan dari sel yang diserang menjadi virus ebola, lalu saat sel tersebut mengalami kejenuhan, virus akan melarutkan memberan sel, dan jutaan virus yang baru terlepas ke jaringan tubuh yang lain.

Virus itu tidak hanya mencegah sel dendritik untuk mengaktifkan pasukan sel anti virus,ia juga memanipulasi mereka melalui sinyal protein yang menipu pasukan sel tersebut untuk bunuh diri, jadi sistem imun menjadi sangat terganggu dan tidak dapat bereaksi terhadap serangan yang terjadi. Sementara itu virus tersebut bertambah banyak milyaran. Adapun sel yang tugas nya membunuh dan berhadapan dengan sel-sel yang terinfeksi yaitu sel pembunuh natural, tapi banyak dari mereka pun juga terinfeksi dan mati begitu saja sebelum sanggup untuk mencegah penularan virus yang lebih parah. Pada waktu yang sama sel penjaga yang dimiliki tubuh (makrofag & monosit), tidak hanya mengatur sel tersebut untuk mengalahkan pertahanan mereka sendiri, tapi virus tersebut juga memanipulasi signal sel tersebut untuk merubah pembuluh darah sehingga pembuluh darah terbuka dan melepaskan banyak cairan ke dalam tubuh yang menyebabkan pendarahan dalam tubuh. 

Pendarahan dalam tubuh

Salah satu bagian organ tubuh yang ebola serang adalah Hati (liver), dikarenakan virus tersebut sangat mudah untuk masuk dan menyerang hati yang secara cepat membunuh banyak sel-sel hati dan menyebabkan kegagalan organ dan pendarahan dalam tubuh. Dan semua hal tersebut berjalan dalam waktu yang sama. Lalu virus berlanjut menyebar merusak sel-sel tubuh lain yang masih sehat lebih banyak lagi.

Cara Tubuh Membasmi Ebola

Bagiamana cara membasmi ebola ? Dalam usaha yang putus asa untuk mengalahkan virus-virus tersebut, sistem imun akan melepaskan badai sitokin.  Badai sitokin itu sendiri adalah signal tanda kekacauan yang menyebabkan sistem imun untuk mengeluarkan seluruh senjatanya, semua dalam satu serangan kamikaze(serangan bunuh diri). Hal ini sebenarnya membantu virus untuk meninggalkan kerusakan khususnya di pembuluh darah di area penyerangan badai. Aneh nya semakin sehat sistem imun anda, semakin bertambah kerusakan yang dapat dilakukan oleh sistem imun itu sendiri.


Badai Sitokin yang dihasilkan dari tubuh

Lebih-lebih banyak lagi cairan meninggalkan aliran darah dan menyebabkan darah keluar dari semua lubang yang ada di tubuh manusia, dan menjadi sangat dehidrasi serius. Akibatnya tubuh seseorang tersebut tidak menpunyai darah yang cukup dan tidak ada darah yang membawa osigen ke organ penting lain nya di tubuh dan akirnya sel-sel lain mulai mati akibat kekurangan oksigen, jika seseorang sudah mencapai titik ini persentasi keselamatan hidupnya sudah sangat kecil.

Jadi Apa Ebola itu Berbahaya ?

Jadi apa ebola itu berbahaya ? Sekarang 6 dari 10 orang yang terinfeksi Ebola kemungkinan besar akan meninggal.

Dampak Ebola bagi manusia

Jadi, Kita tahu bahwa Ebola itu kejam, tapi bukan bearti anda harus memakai baju perlindung seperti orang yang ada di negara Afrika sana untuk mencegah terinfeksi ebola.

Cara Ebola Menular

menurut peneliti Afrika cara ebola menular adalah melalui kontak dengan cairan tubuh dari orang yang sudah terinfeksi atau dari sekumpulan benda yang terinfeksi. Jadi sebaiknya hindari hal-hal yang sudah terinfeksi oleh ebola seperti kontak tubuh, meminum air yang sudah diminum orang, dan mendekati hewan yang sudah terinfeksi. Bukti tidak perlu panik dengan perbandingan Korban jiwa:

Bukti bahwa ebola tidak terlalu berbahaya

Berikut merupakan penjelasan Apa Yang Membuat Virus Ebola Sangat bahaya ? Jadi, walaupun Ebola mengerikan & menakutkan, janganlah panik karena  jika anda tidak kontak dengan benda-benda terinfeksi atau cairan tubuh terinfeksi anda akan tidak mungkin akan terinfeksi.   Jangan lupa beritahu keluarga anda tentang ini dan teman anda, share artikel ini untuk membantu berkembangnya kami.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Nick Sanders, Published at 23.46 and have 42 komentar

42 komentar:

  1. ini virus yang dari afrika dan menyeramkan , nice post seklian buat wawasan tentang ebola

    BalasHapus
  2. wah baru tau niii makasih infonya

    BalasHapus
  3. Ijin bookmark gan, buat nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  4. ebola oh ebola mengerikan ya

    BalasHapus
  5. Semoga aja indonesia Bebas ebola
    Ngerii klo kena

    BalasHapus
  6. ngeri gan semoga gw gk kena virus" gituan.. amin

    BalasHapus
  7. bisa buat pelajaran , agar bisa menjaga dari virus tersebut nih,, thx gan infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  8. virus dari afrika emang serem serem ya :3

    BalasHapus
  9. Setau saya, ebola itu gaada obatnya.. bener bisa kah?S

    BalasHapus
  10. wah bahaya banget nih virus. Semoga aja di Indonesia gk kena virus itu.

    BalasHapus
  11. penyakit ebola ini sangat berbahaya ya bro

    BalasHapus
  12. Waduhh hati - hati aja deh buat semua orang kalo udah kena nih virus langsung nunggu takdir aja :(
    semoga kita semua dijauhi dari berbagai macam penyakit, aminnnn

    BalasHapus
  13. serem banget ternyata bisa nular...
    duh moga aku gak kena kyak gini.

    BalasHapus
  14. manfaat banget infonya thanks gan

    BalasHapus
  15. Emang ngeri penyakit yang satu ini !! Bisa nular lagi semoga diindonesia ngak terinfeksi Amin....

    BalasHapus
  16. ebola ini virus baru ya gan?

    BalasHapus
  17. Wah baru tau arus ati ati nih jaga kesehatan .

    BalasHapus
  18. izin bookmark gan, rinci banget penjelasannya..
    oh ya berarti hubungan intimpun dapat menularkan virus ini ya?

    BalasHapus
  19. Ini virus mematikan ya?

    BalasHapus
  20. ane gak mau kena penyakit nih ngeri

    BalasHapus
  21. Sangat mengerikan ternyata Virus Ebola itu :O

    BalasHapus
  22. pengetahuan baru terimakasih banyak infonya :)

    BalasHapus
  23. gak nyangka ampe gitunya yah.. serem

    BalasHapus
  24. ini virus yg bisa mengakibatkan kematian ya
    ngeri juga

    BalasHapus
  25. ih serem juga ya gan ,baru au ane loh ehehe

    BalasHapus
  26. Cuman berbagi informasi saja gan

    BalasHapus
  27. Harus hati hati nih... thanks informasinya

    BalasHapus
  28. ngeri juga mas ni virus , ijin baca buat mempelajari nya

    BalasHapus
  29. ngeri juga, mudah mudahan jangan di indonesia jangan sampe dah

    BalasHapus
  30. jika kita hidup sehat dan tetap berolahraga, insya allah akan baik" aja koc. pemerintah pasti juga sudah mengantisipasinya

    winsucses

    BalasHapus