Informasi untuk keluarga

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak



Daftar Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan - Bagaimana seseorang memperoleh tubuh yang sehat dan bugar ? Seperti kata pepatah apa yang anda tanam akan anda tuai, jika ingin memperoleh tubuh yang sehat dan bugar kita harus memulainya saat masih usia dini, karena tubuh yang masi muda mampu mengolah makanan dengan baik bagi tubuh.

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

1. Telur 

Manfaat telur untuk pertumbuhan anak

Sudah tidak asing lagi bukan dengan telur, telur merupakan hasil pembuahan dari ayam jantan dan ayam betina. Banyak orang bilang manfaat telur untuk kehidupan sehari hari sedikit karena banyak menimbulkan penyakit seperti korestrol dan ambeien, sebenarnya telur itu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita apa lagi dalam memenuhi gizi anda dan keluarga, sisi buruk yang ditimbulkan dari telur tersebut didapat jika makan terlalu banyak dan memang dari seseorang tersebut yang memiliki alergi pada telur. Jadi jangan mudah terpengaruhi oleh perkataan orang banyak bahwa telur itu tidak sehat, sebenarnya sehat saja dan sangat bergizi jika dimakan secara teratur dan tidak kebanyakaan. 

Mengapa telur sangat bagus untuk pertumbuhan anak ? Yang pertama karena telur merupakan sumber protein, vitamin, dan juga di dalam telur mengandung koloin, zat koloin sangat bagus untuk pertumbuhan otak anak. Telur juga berguna dalam menjaga kesehatan mata anak anda maupun anda karena telur mengandung karotenoid yang membantu mencegah kemunduran makula, telur juga mempunyai zat zeaxanthin dan lutein yang berguna dalam mencegah terjadinya katarak.

2. Susu

Manfaat susu bagi pertumbuhan anak



Kalau mendengar kata susu pasti berkaitan sama yang namanya mamalia nah yang paling terkenal mungkin adalah susu sapi tapi juga ada susu mamalia lainnya seperti susu kambing, unta, dan yang paling mengandung lemak terbanyak yakni susu paus, ada juga susu yang bukan berasal dari mamalia atau hewan yakni dari tumbuhan contohnya seperti susu kedelai, biasanya susu kedelai diminum oleh orang yang alergi susu hewani. Manfaat susu untuk tubuh dan kesehatan sudah tidak asing lagi yang utama yakni untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi karena di dalam susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi, tentunya sangat dianjurkan minum untuk anak anda tetapi dengan syarat minumnya tidak berlebihan, memang benar susu lebih baik dikonsumsi setiap hari yakni pagi saat sarapan dan sebelum tidur malam.

3. Daging

Manfaat daging untuk pertumbuhan anak

Siapa sih yang tidak suka daging ? Mungkin hanya vegetarian karena hanya semua orang menyukai yang satu ini karena rasanya yang khas. Daging mempunyai beberapa macam, ada daging sapi, kambing, ayam, dll. Setiap daging mempunyai ciri khasnya sendiri dan manfaatnya tersendiri tentunya. Manfaat daging untuk tubuh dan pertumbuhan sangatlah baik tetapi banyak orang yang beranggapan daging itu tidak baik untuk kesehatan, fakta tersebut dapat dibilang benar jika seseorang tersebut mengkonsumsinya berlebihan atau terlalu banyak. Daging mengandung protein dan juga zat besi yang berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi pada otak anak dan juga untuk memperkuat sistem kekebalan pada anak dan juga bisa untuk menghindari penyakit anemia, daging juga mengandung lemak yang berfungsi sebagai cadangan makanan pada tubuh hal ini merupakan sisi buruk pada daging jika orang memakan daging terlalu banyak maka lemak yang masuk ke tubuh pun juga banyak dan akirnya menyebabkan kelebihan berat badan.

4. Ikan

Manfaat ikan bagi pertumbuhan anak

Tidak asing lagi bukan mendengar kata ikan ? Yap ikan merupakan organisme laut yang sangat banyak manfaatnya jika dikonsumsi dengan benar. Banyak jenis ikan yang disediakan di pasar dan tempat berjualan lainnya, tentu khasiatnya atau gizinya berbeda pula bukan ? Manfaat ikan untuk pertumbuhan paling dapat dirasakan jika mengkonsumsi ikan salmon walaupun harganya lumayan mahal atau dapat terbilang mahal tapi rasa dan gizinya berbeda dengan ikan lainya tentu gizi dari ikan lain juga tidak kalah jauh seperti tuna, dll. Ikan mengandung asam omega 3 yang berfungsi dalam perkembangan otak, mata, dan syaraf dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Ikan juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat membantu mengoptimalkan perkembangan tulang.

5. Sayur Mayur

Manfaat sayur untuk pertumbuhan

Hampir berbeda dari 4 makanan diatas yang satu ini biasanya dibenci oleh orang karena rasanya yang kurang nikmat dan lezat, menurut pendapat saya sendiri sayur itu tidak kalah lezat dengan 4 makanan di atas jika dimasak dengan benar tanpa mengurangi gizi dalam sayur tersebut. Manfaat sayur untuk pertumbuhan paling sering dirasakan khasiatnya karena 100% gizi didalam sayur tidak mengandung zat yang berbahaya dan merugikan tubuh jika dimasak dengan benar. Banyak sayur yang dapat dikonsumsi oleh kita namun belom tentu anak kita dapat mengkonsumsinya juga, biasanya anak tidak suka makan sayur karena saat masi balita terlalu sering makan yang manis dan asin. Di dalam sayur terkandung vitamin K yang baik untuk mencegah patah tulang dan menjaga kesehatan tulang, sayur juga mengandung sumber serat yang baik untuk mempelancar sistem pencernaan, sayur juga mengandung antioksidan yang berfungsi dalam mencegah pertumbuhan kanker dan memperkuat antibodi, sayur juga mengandung fenolik flavonoid anti-oksidan dan mineral yakni merupakan sebuah vitamin dan mineral yang paling penting untuk berfungsinya organ tubuh Kita.

6. Buah - Buahan

Manfaat dari buah untuk anak

Sama seperti sayuran yang berasal dari tumbuhan buah juga tidak kalah manfaatnya dalam pertumbuhan anak, seperti pisang yang mengandung vitamin B2, B6 dan vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, selenium, dan mineral yang mana merupakan zat besi yang sangatlah baik untuk pertumbuhan otak si kecil. Masih banyak buah yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak seperti pepaya yang mengandung vitamin A, B1, B2, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk menutrisi anak dan mempelancar sistem pencernaan. Manfaat buah untuk pertumbuhan memang sulit untuk dilihat dalam jangka waktu yang singkat tapi dengan mengkonsumsinya secara rutin manfaatnya pasti akan didapat oleh anak.

Berikut merupakan 6 jenis makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, untuk lebih lengkapnya lihat tabel di bawah 

Kandungan
Makanan
Asam Lemak Omega 3
ikan Tuna dan Salmon, mentega dan kacang merah.
Zat Besi
Daging, kacang, kedelai dan jeruk.
Kabohidrat & Protein
Roti, jagung, kacang-kacangan.
Kalsium
Keju, oatmeal, kacang kedelai, susu, susu kedelai dan yogurt.
Antioksidan
Sayur-sayuran, buah-buahan, manggis, tomat, anggur, taoge, labu, wortel dan bayam.
Vitamin A
Pisang,Apel, Labu, Tomat dan ubu jalar.
Vitamin B
Kepiting, Udang, kerang, gandum, alpukat, susu dan yogurt.
Vitamin C
Jeruk, berry, pir, apel, kiwi.
Vitamin E & D
sayur-sayuran, kacang tanah, alpukat, oat, kedelai, tahu, jamur dan kuning telur.
Koloin
Telur, terutama kuning telur.
Makanan di tabel diatas merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi anak saat masa pertumbuhannya, berikut artikel Daftar Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak, semoga para orang tua dapat memberikan kebutuhan gizi yang tepat agar buah hati tumbuh dengan sehat dan mempunyai tubuh yang bugar, jangan lupa share artikel ini ke teman dan keluarga anda semoga bermanfaat.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 07.54 and have 38 komentar

38 komentar:

  1. pas dengan ane yang kurusan hehehe, makash infonya

    BalasHapus
  2. bukanya telur atau yg amis amis dpt mmbuat alergi?

    BalasHapus
  3. Thanx,Anak Saya Sedang Lagi Pertumbuhan Harapan saya sih cepet tinggi

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat nih , biar saya kasih tau oang tua saya makanan yang baik untuk sang adik hihi

    BalasHapus
  5. wah thanks infonya kapten, tapi masalahnya ane belum punya anak haha

    BalasHapus
  6. sip buat adek gue yang masih umur 2 thn hehe

    BalasHapus
  7. ijin bokmark dulu sampe punya anak gan

    BalasHapus
  8. lumayan nih, buat nanti punya anak gabingung nyari makanan

    BalasHapus
  9. ane paling suka sayuran, susu dan buah-buahan hehe.

    www.winformatika.tk

    BalasHapus
  10. waaah inimah bukan cuma buat bayi, ane juga doyan,hehee..
    thank infonya bermanfaat sob

    BalasHapus
  11. ternyata sayuran sehat ya gan, padahal ane gak suka sayuran tpi nnti coba biar doyan

    BalasHapus
  12. nice tapi sya blom pnya anak wkwkkw

    BalasHapus
  13. Bisa di coba buat Saudara saya :D

    BalasHapus
  14. sangat bermanfaat infonya ni, saya cobaan ke anak saya

    BalasHapus
  15. yang baik untuk anak tentu sayur mayur dan susu.

    BalasHapus
  16. sangat bermanfaat sekali dan thanks sudah berbagi

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Bermanfaat gan artikelnya, semoga berguna buat saya kedepannya

    BalasHapus
  19. wah maksih banget,tapi ane belum punya anak.hehe

    BalasHapus
  20. baik untuk pertumbuhan?? kebetulan bangen nih. thanks info gan

    BalasHapus
  21. ya benar, yang pastinya banyak-banyakin makan daging dan susu :D biar lebih baik tapi jangan terlalu banyak juga, nice gan :)

    BalasHapus
  22. Intinya 4sehat 5sempurna ya gan ? Wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. ya bagus gan...4 sehat 5 sempurna baik buat pertumbuhan anak

    BalasHapus
  24. mantep gan :D jadi tau sekarang ane :D

    BalasHapus
  25. mantep tapi ane belum punya anak :D

    BalasHapus
  26. mantap , otw bikin anak dlu

    BalasHapus
  27. kalo maknan supaya punya anak kembar ada gak ya?

    BalasHapus
  28. kalau masih anak biasanya susu yang diutamain y gan.

    BalasHapus
  29. wah bermanfaat sekali nih ,, walaupun ane blm pny anak . ntr ane coba praktekin ketka ane buat anak , eh pny anak wkwkwk

    BalasHapus