Informasi untuk keluarga

Apa Penyebab Muncul Belekan Pada Mata

Apa Penyebab Muncul Belekan Pada Mata



Apa Penyebab Muncul Belekan Pada Mata -  Tentu kita semua tidak asing lagi dengan ini, setiap bangun tidur kita harus berhadapan dengan tahi mata yang berkumpul di pojok mata dan Apa penyebab muncul tahi mata ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut kita harus mengetahui asalnya.

Apa Penyebab Muncul Belekan Pada Mata

Mengapa tiba-tiba saat kita bangun tidur lalu menemukan belekan di mata? Mungkin anda pernah sempat berpikir tentang benda asing ini, Kenapa belekan hanya terbentuk saat tidur saja?

Pengertian Belekan

Apa itu Belekan? Belekan itu sendiri belum mendapatkan istilah yang tepat dari ilmuan, singkatnya belekan adalah residu yang berkerak pada mata, tapi ada yang menyebutkan nya Gound atau Rheum. Rheum itu sendiri adalah istilah untuk segala hal yang tipis yang keluar dari bagian tubuh yang berlendir, seperti dari mata atau hidung(upil). dan Jenis yang keluar dari mata anda terkomposisi atas berbagai macam kotoran, seperti lendir, sel kulit mati, minyak/lemak, debu, dan bakteri. Campuran dari hal tersebut mengumpul dan mengering yang lalu membentuk residu yang berkerak di pinggir mata anda setelah anda tidur sejenak.

Kenapa Belekan Hanya Terbentuk Saat Tidur Saja?

Kenapa Belekan Hanya Terjadi saat tidur saja? Permasalahanya ternyata Rheum ternyata selalu bisa terbentuk kapanpun bukan hanya anda sedang tidur, kadang kala anda hanya tidak sadar bahwa itu sebenarnya ada di mata anda.

Bola mata anda harus dapat dijaga kelembapanya untuk berfungsi, jadi mata anda terlindungi dibawah lapisan berair yang dikenal dengan selaput prekornea
selaput prekornea
Selaput prekornea itu sendiri terdiri atas 2 bagian: 
  • Lapisan dalam (Lapisan Mukosa & Lapisan Berair) lapisan ini melapisi kornea anda dan menjaga mata anda tetap dilumasi
  • Lapisan tipis yang berminyak (Lapisan Lemak) untuk menjaga kelembaban di dalamnya
Jadi normalnya saat anda terbangun, kotoran apapun yang mengenai mata anda akan hanyut akibat selaput ini. Pada saat anda menutup mata saat tidur menjadikan kelopak mata anda menjadi tidak aktif, pada saat kelopak mata menutup mata anda di malam hari anda akan menjadi berhenti membuka mata yang artinya anda berhenti membersihkan kotoran-kotoran yang mengenai mata anda. Jadi kotoran tersebut mengumpul bersama dengan sedikit lendir/mukus, dan lemak dari selaput prekornea anda dan itu semua lalu mengumpul jadi satu di pojok mata anda dan itu merupakan apa yang dimaksud belekan.

Belekan Lengket atau Kering

Beberapa rheum kering dan rapuh, ada juga yang lembab dan lengket, itu tergantung dengan apa yang terdapat di selaput prekornea anda.
Contohnya: Orang yang mempunyai alergi cenderung mengucek mata nya atau menghasikan lendir/mukus lebih banyak dari normal, yang menyebabkan lebih banyak lagi kotoran di mata, yang artinya belekan yang lebih lengket dan lembab.

Apa Belekan Berbahaya?

Apakah belekan berbahaya? Membahayakan? tidak selalu. Tapi Belekan yang terlalu banyak bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Orang dengan kondisi mata tertentu, seperti lapisan lemak terlalu aktif atau kelenjar air mata yang tersumbat dapat menyebabkan Eye Discharged , kotoran yang menumpuk dan kemungkinan infeksi seperti Pinkeye. dan Kotoran yang menumpuk banyak pun dapat mencegah orang untuk membuka kelopak matanya saat pagi hari.

Tapi jangan khawatir, untuk sebagian besar orang belekan itu normal dan tidak berbahaya. dan Berikut merupakan penjelasan dari Apa Penyebab Tahi Mata (Belekan)? Jadi Walaupun Belekan itu menjijikan & menggangu,belekan itu sendiri merupakan residu dari kotoran yang terkumpul di saat mata tidak aktif. Jangan lupa beritahu keluarga anda tentang ini dan teman anda, share artikel ini untuk membantu berkembangnya kami.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Nick Sanders, Published at 01.01 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar