Informasi untuk keluarga

Akibat Sering Tahan Kencing Untuk Tubuh

Akibat Sering Tahan Kencing Untuk Tubuh


Akibat Sering Tahan Kencing


Akibat Sering Tahan Kencing Untuk Tubuh - Tentunya kita semua sering mengalami hal ini, saran saya hentikan kebiasaan tahan kencing anda karena dampak yang ditimbulkan sangatlah tidak baik untuk tubuh anda memang banyak orang menganggap masalah ini tidak terlalu penting karena mereka tidak tau apa dampak tahan kencing untuk tubuh jika dilakukan secara sering bahkan hampir setiap hari.

Akibat Sering Tahan Kencing Untuk Tubuh 

Apa tahan kencing itu buruk ? Pertanyaan tersebut sudah banyak kita dengar, sebelum menjawab pertanyaan tersebut anda harus mengetahui tentang kandung kemih. Kandung kemih adalah organ tubuh yang mengumpulkan air kencing yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang, jika anda sudah dewasa maka kandung kemih anda hanya dapat menampung kencing sekitar setengah liter, lalu di kandung kemih anda terdapat reseptor reseptor yang berfungsi untuk mengukur jumlah cairan yang terdapat pada kandung kemih anda dan di saat kandung kemih anda penuh, reseptor-reseptor inilah yang akan memberitahu otak anda bahwa sudah waktu nya untuk buang air kecil. 

Gambar kandung kemih

Kebanyakan orang dewasa memiliki kontrol atas pembuangan urin / kencing tersebut , yang artinya anda dapat memilih antara langsung kencing setelah menerima signal dari reseptor atau menahanya, jika anda tidak sempat ke toilet maka terpaksa anda akan menahannya, jika anda memilih untuk menahannya, sphinter anda yang berbentuk silindris di dalam kandung kemih anda akan menutup erat untuk mencegah urine untuk bocor atau keluarnya urine tersebut. Nah bisa dibayangkan jika anda sering tahan kencing, apa dampak tahan kencing bagi tubuh anda ? 

Dampak Bahaya Tahan Kencing adalah :

1. Terkena penyakit organ

penyakit organ akibat tahan kencing

Jika anda sering menahan kencing maka anda membuka pintu masuk penyakit pada organ penting, anda bisa mengalami infeksi ginjal yakni menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal sehingga akan mengalami gangguan pada siklus pembuangan urin, pendarahan ketika melakukan buang air keci, dan yang terakir adalah infeksi ginjal. Yang kedua adalah infeksi kandung kemih yakni terjadi saat menumpuknya urin yang akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih karena disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih sehingga dapat menyebabkan muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah, muncul rasa nyeri saat kencing, kencing lebih sering dengan volume yang sedikit, kencing dengan disertai pendarahan, dan masih banyak penyakit pada organ lainnya seperti infeksi saluran kencing, gagal ginjal, batu ginjal, dan lain - lain.

2. Kanker

kanker akibat tahan kencing

Mungkin ga sih tahan kencing dapat menyebabkan kanker ? Jawabannya ya, mungkin anda bingung apa hubungannya kencing dengan kanker, jawabannya memang tahan kencing secara langsung tidak mungkin menyebabkan kanker tapi penyakit yang disebabkan oleh tahan kencing seperti pada point pertama yakni penyakit organ dan infeksi dapat menimbulkan siklus perkembangan bakteri dan kuman yang dapat memperparah infeksi yang terjadi, sehingga infeksi tersebut dapat memicu perkembang sel kanker. Kanker yang mungkin terjadi adalah kanker prostat, kanker serviks, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening.

3. Rasa sakit

rasa sakit akibat tahan kencing

Jika seseorang sering menahan kencing atau bahkan setiap hari maka orang tersebut kemungkinan besar akan merasakan sakit saat ia ingin kencing hal ini dapat dikatakan sebagai anyang – anyangan, rasa sakit ini dipastikan akibat dari kebiasaan tahan kencing dan merupakan ciri atau tanda bahwa ia mengalami infeksi saluran kandung kemih.

4.  Mengganggu proses pencernaan

ganggungan proses pencernaan akibat tahan kencing

Jika seseorang sering tahan kencing, kemungkinan orang tersebut akan menggangu dan merusak proses pencernaanya sendiri, mengapa ? Karena saat proses pencernaan seharusnya telah selesai tetapi seseorang tersebut tidak menyelesaikannya dan hal tersebut dapat atau dipastikan mengganggu proses pencernaan selanjutnya yang akan dilakukan oleh tubuh orang tersebut, dan proses pencernaan selanjutnya bisa mengalami proses yang tidak cukup baik dari sebelumnya karena anda belum membuang hasil pencernaan sebelumnya.

5. Kemungkinan terparah

Tycho Brahe pecahnya kandung kemih

Dari 4 dampak diatas ternyata ada lagi kemungkinan yang lebih parah, tapi kemungkinan ini hanya akan terjadi pada pria jadi untuk wanita tenang saja karena selama ini belum pernah terjadi pada wanita. Jadi untuk pria akibat yang tahan kencing yang satu ini masi terbilang langka karena orang yang terkena dampak ini masih sedikit. Akibat yang satu ini adalah meletus / pecahnya kandung kemih karena menahan jumlah kencing yang banyak dalam jangka waktu panjang, penyakit ini telah dialami oleh Tycho Brahe yakni adalah seorang bangsawan Denmark yang terkenal sebagai astronom/astrolog. Mungkin juga dampak ini disebabkan oleh orang yang terlalu banyak minum alkohol karena dapat memperlambat atau menggangu reseptor mengirim signal ke otak.

Berikut merupakan Akibat Sering Tahan Kencing Untuk Tubuh, jadi untuk anda yang sering tahan kencing sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk tersebut, untuk mencegah anda tahan kencing bisa dilakukan hal - hal sedeharna seperti minum air secukupnya dan jangan berlebihan, makan sayur sayuran dan buah yang berserat tinggi, selalu menyediakan botol untuk para pria, dan yang terakir selalu melakukan pengecekan urine di dokter terdekat. Jangan lupa beritahu keluarga anda tentang ini dan teman anda, share artikel ini untuk membantu berkembangnya kami.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at 10.43 and have 42 komentar

42 komentar:

  1. haduh bahaya nih,saya sering tahan kencing.
    than infonya.

    BalasHapus
  2. Informasi bermanfaat bray
    Ngeri juga bisa kayak gitu gara-gara nahan kencing

    BalasHapus
  3. ngeri juga kandung kemih bisa pecah

    BalasHapus
  4. Wahh ngeri juga yaa dampaknya :o

    BalasHapus
  5. yang paling sering rasa sakit saat kencing. kalo orang sunda bilang jeungjeuriheun

    BalasHapus
  6. alhamdulillah saya belum pernah nahan :D

    BalasHapus
  7. keliatannya sih hal sepele, tapi efeknya serem gtu..

    BalasHapus
  8. Wah sepele gitu tapi bahaya juga

    BalasHapus
  9. Infonya membantu, Gan. Cukup ngeri juga ya

    BalasHapus
  10. wah, bahaya juga ya gan. thanks infonya :)

    BalasHapus
  11. kata orang tua jaman dlu juga jangan pernah naha kencing gan gak baik.. hehehe . emang sih resikonya gede bgt

    BalasHapus
  12. buset dah gw sekarang gk berani nahan kencing

    BalasHapus
  13. TERIMAKAH INFONYA, UNTUK NAMBAH WAWASAN KESEHATAN,

    BalasHapus
  14. wih ini saya sering tak tahan cah jadi takut

    BalasHapus
  15. waduhhh jadi risih nih min soalnya ane sering banget nahan kencing kalo lagi diperjalanan

    BalasHapus
  16. anjir, ko bahaya banget ya :V tapi kalo lagi di perjalanan naek bis kan susah gimana tuh? jadi takut ane

    BalasHapus
  17. ngeri juga yaa dampaknya tahan kencing..

    BalasHapus
  18. ngeri bener, kalau gini caranya gak akan saya ulangi dah

    BalasHapus
  19. Artikel yang bermanfaat gan, posting yang baru lagi ya gan

    BalasHapus
  20. wadoo bahaya tuh kalo kencing ditahan

    BalasHapus
  21. Wihh mantep artikelnya gan. Jadi tau ane gan

    BalasHapus
  22. wah hal sepel aja, akibatnya bisa segitu ya gan.. Waji tau ni semuanya, terutama yang paling bahaya poin no 2 dan 4, yang meletusnya kandung kebih itu. Terima Kasih gan atas artikelnya yng ditulis, sangat bermanfaat buat menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  23. Ngeri banget ya ternyata dampak dari menahan kencing.

    BalasHapus
  24. Wow!!! Thanks Infonya gan... sangat bermanfaat sekali :D

    BalasHapus
  25. bhaya juga ya ternyata ga disangka, si joni galak juga trnyata

    BalasHapus
  26. saudara saya dulu pernah kena infeksi kandung kemih gara2 nahan pipis

    BalasHapus
  27. jadi mikir mikir deh kalo nahan kencing. Bahaya banget tuh akibatnya.

    BalasHapus
  28. Aku sering nahan klo pas mau tidur :3 bahaya jga

    BalasHapus
  29. Aku sering nahan klo pas mau tidur :3 bahaya jga

    BalasHapus
  30. baru sadar.. padahal hampir tiap hari hobby tahan kencing.. ahahaha

    BalasHapus